Baitul Mal Gampong Lamgugop bersama sejumlah tokoh masyarakat setempat, Sabtu (27/4), mengunjungi dan memberi bantuan  kepada pengungsi Rohingya yang ditampung di UPTD Rumoh Seujahtera, Ladong, Aceh Besar. Rombongan yang membawa bantuan atara lain Tgk Burhan Ali, Rustam Effendi, Drs H Mukhlis Aziz MSi, dan Syahrir, serta Keuchik terpilih, Syauqi A Majid.

Pada kunjungan itu, pihak Baitul Mal Lamgugop semula membawa bantuan uang tunai sebesar Rp1,5 juta. Tetapi karena pengelola tidak menerima uang tunai dan hanya menerima bantuan makanan, maka pihak Baitul Mal Lamgugop memberikan bantuan makanan yang sudah terkumpul sebelumya dari warga Lamgugop. Bantuan makanan yang diberikan terdiri dari beras 75 Kg, telur 120 butir, mi instan 5 kotak, aqua gelas 5 kotak, buah-buahan dan pakaian.

“Sumber dana tersebut merupakan bantuan dari Baitul Mal dan sumbangan masyarakat Lamgugop. Kita akan berembuk kembali terkait sumbangan 1,5 juta ini. Mungkin nanti dibelikan lagi bantuan berupa makanan, “ kata Sekretaris Baitul Mal Gampong Lamgugop, Syamsul Rijal, Minggu (28/4).

Ia juga mengatakan, kunjungan ke penampungan pengungsi Rohingya itu bertujuan melihat dari dekat dan memberi bantuan langsung. Menurutnya, saat berkunjung ke penampungan pengungsi Rohingya keadaan mereka terlihat gembira dan tidak menyiratkan kesedihan. Sebagian mereka terlihat sedang berolahraga dan sebagiannya istirahat di kamar masing-masing.

Juru bicara pengungsi, Muhammad Musa (28) yang bisa berbicara bahasa Indonesia, saat berbincang dengan rombongan pengurus Baitul Mal Lamgugop, mengatakan, mereka merasa senang di Aceh dan berharap segera mendapat jalan keluar dari persoalan yang mereka hadapi selama ini.

Pengungsi Rohingya di UPTD Rumoh Seujahtera saat ini berjumlah 76 orang pria dewasa, lima orang perempuan dewasa, empat anak-anak putra dan seorang putri.(ari)

Sumber: Tribun News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here