Foto: dok. Kanal Inspirasi

BANDA ACEH – Guru Besar Filsafat Islam UIN Ar-Raniry, Prof. Dr. Syamsul Rijal Sys., BA, M.Ag., menyebut tidak perlu pemaksaan terhadap masyarakat yang belum melakukan Physical Distancing. Untuk saat ini yang dibutuhkan kesadaran setiap invidu untuk mengontrol diri dan cara melakukan interaksi sosial, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Yang terpenting saat ini adalah setiap orang bisa mengatur cara dan lingkungan pergaulannya,” kata Syamsul Rijal, Senin (13/4) kepada Kanalinspirasi.com.

Menurut Syamsul Rijal, imbauan dirumah saja, menjaga jarak dan menghindari keramaian yang masih belum sepenuhnya dipatuhi warga, karena desakan aktivitas masyarakat yang harus tetap melaksanakan aktivitas guna memenuhi kebutuhan hidup dan ekonomi.

“Jika masih banyak warkop dan cafe yang buka itu merupakan upaya masyarakat memenuhi kebutuhan ekonomi, yang jika dilarang akan menimbulkan masalah baru,” lanjutnya.

Syamsul Rijal menyarankan agar pengelola usaha kuliner seperti warkop yang ramai dikunjungi orang, juga menerapkan imbauan pemerintah tentang pembelian Take Away, meja yang terbatas dan tidak berdekatan. Bahkan tidak ada salahnya dilaksanakan pemeriksaan suhu tubuh setiap pengunjung, yang akan lebih memberi kenyamanan.

“Untuk kondisi Aceh yang masih normal, cukup dilakukan sosialisasi dan imbauan tanpa pemaksaan, namun jika sudah dalam kondisi darurat wabah, tanpa paksaan-pun masyarakat sudah tahu apa yang mesti dilakukan, jika tidak ingin menyesal kemudian,” sebut Syamsul Rijal.

Terkait adanya imbauan pelarangan ibadah Shalat berjamaah hingga penutupan Masjid, kata Syamsul Rijal, hal tersebut tidak perlu diperdebatkan dan mengikuti arahan standar kesehatan.

“Jika memang masih memungkinkan silahkan laksanakan Shalat berjamaah, namun jika prosedur kesehatan sudah tidak membolehkan, lebih baik diikuti untuk menghindari kemudharatan,” pesan Syamsul Rijal. (*)

___

Artikel ini diterbitkan oleh KanalInspirasi.com pada Senin, 13 April 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here