Di saat pasukan Islam solid mengarungi samudera, tiba di pantai oleh panglima nya disuruh bakar semua kapal layar tumpangan mereka hingga tak bersisa. Ini merupakan contoh kepetusan pemimpin di luar akal sehat. Menimbulkan pro kontra. Tetapi sejarah membuktikan akhirnya kemenangan diraih karena yang dipimpin taat kepada perintah.

Kondisi ini berawal dari seruan Tariq bin Ziad “bakar seluruh kapal yang kita tumpangi pikirkan ke belakang bagaimana anda mengarungi lautan dan lihatlah di depan ada musuh-musuhmu mau eksis taklukkan atau renangi samudera itu kembali.”

Demikian lebih kurang di luar akal sehat namun beberapa tahun kemudian terbukti ekspansi wilayah ke Sisilia itu sukses.

Adolf Hitler perintah bunuh semua Yahudi dan pasukannya mampu untuk itu tetapi suruh tinggalkan sekelompok mereka agar dunia mengetahui bagaimana itu Yahudi ……

Sejarah memang mengajarkan banyaknya pemimpin yang bisa mengambil keputusan yang pada masanya melahirkan prokontra. Tentu saja bukan sembarang keputusan, tetapi keputusan yang lahir dari visi pemimpin yang melampau apa yang dipikirkan oleh yang dipimpin.

Tak semua pemimpin memang bisa menjadi pemimpin visioner yang pandangannya jauh melampaui zamannya. Ini yang membuat pemimpin visioner seringkali dianggap mengambil keputusan di luar nalar sehat kebanyakan orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here