Wakil Rektor III UIN Ar-Raniry “Tantang” Mahasiswa

100912Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan dan kerjasama UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dr.H.Syamsul Rijal, M.Ag menantang mahasiswa kampus setempat untuk bisa aktif menulis dan karyanya bisa tembus di jurnal internasional.

Hal ini disampaikan oleh Syamsul Rijal pada saat membuka acara kuliah umum dan peluncuran UIN Ar-Raniry-LIPI Corner, di Aula Gedung Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Senin (9/6).

“Pada kesempatan ini, kami menantang mahasiswa untuk mampu menulis dan tembus ke jurnal internasional. Bagi karyanya yang tembus dan dipublikasi di jurnal internasional kita dari pimpinan UIN Ar-Raniry akan bebaskan SPP”, kata Syamsul Rijal disela-sela membuka acara kuliah umum secara resmi.

Lebih lanjut, ia menyatakan jurnal merupakan salah satu karya ilmiah yang sangat penting dalam dunia pendidikan, sehingga dengan munculnya jurnal hasil riset dapat menjawab penyimpangan-penyimpangan yang terjadi di kalangan masyarakat.

“Jurnal itu dibaca oleh banyak orang dan akan melahirkan kritikan-kritikan oleh para ahli dari hasil karya yang dipublikasikan, sehingga dengan kritikan itu lahirnya masukan-masukan yang membangun untuk jurnal yang lebih baik”, tambah Syamsul Rijal.

Sebelumnya, kepala Perpustakaan Pascasarjana dan Pusat Perpustakaan UIN Ar-raniry, Nazaruddin Musa, M.Lis selaku inisiator Stadium General berharap kesadaran literasi jurnal kepada seluruh peserta kuliah umum dikarenakan untuk melahirkan jurnal ilmiah peneliti harus memiliki literasi jurnal.

“Kita mulai sekarang harus memiliki kesadaran literasi jurnal, mulai dari sadar terhadap pentingnya jurnal, tahu dimana mencari jurnal, tahu bagaimana menyeleksi jurnal, tahu bagaimana mengutip, mengekstrak serta memproduki jurnal. Sehingga dapat menghasilkan karya ilmiah yang dapat dipublikasi dan bisa dipertanggungjawabkan”, kata Pustakawan terbaik Nasional, Nazaruddin Musa, Senin (9/6) di Aula Pascasarjana UIN Ar-Raniry. (*)

 

Sumber: AcehDetik.com

Posted in: On Media

Leave a Comment