Scroll to Top

Ushuluddin Saweu Mantan Dekan dari Masa ke Masa

By admin / Published on Wednesday, 11 Sep 2013 13:01 PM / No Comments / 159 views

Fakultas Ushuluddin IAIN Ar-Raniry Banda Aceh telah menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati tahun emasnya yang ke-50. Kali ini fakultas pencetak cendekia muslim ini melakukan silaturrahim dengan mantan-mantan dekan yang pernah menjabat di Ushuluddin.

“Kita baru saja pulang silaturrahim dengan salah satu mantan dekan bapak Prof Dr, Ahmad Daudi MA di kediamannya di Darussalam,” ujar Dekan Fakultas Ushuluddin,  Dr H Syamsul Rijal Mag, kepada The Globe Journal, Rabu (11/09/2013) di kantornya.

dengan salah satu mantan dekan Dekan Ushuluddin, Syamsul Rijal (kiri) sedang berbincang dengan mantan Dekan Ushuluddin Prof Dr, Ahmad Daudi MA (kanan) di kediamannya
dengan salah satu mantan dekan Dekan Ushuluddin, Syamsul Rijal (kiri) sedang berbincang dengan mantan Dekan Ushuluddin Prof Dr, Ahmad Daudi MA (kanan) di kediamannya

Dalam pertemuan tersebut Syamsul Rijal mendapatkan banyak spirit dari Prof Ahmad Daudi. Ia mengingatkan bahwa Fakultas Ushuluddin harus berfikir kreatif dalam menemukan kebenaran, dengan kata lain tidak terpaku pada satu kebenaran..

“Ushuluddin harus ada perubahan sikap dalam berfikir, dengan kata lain tidak mendewakan kebenaran yang ada,” ungkap Syamsul Rijal mengutip kata Prof Dr Ahmad Daudi MA.

Silaturrahim tersebut dilakukan untuk menyambung ukhwah dengan semua mantan dekan. Bila mantan dekan sudah meninggal, maka Ushuluddin mengunjungi keluarganya.

Sejak pertama didirikan Fakultas Ushuluddin, sudah sembilan orang dekan menjabat. Namun saat ini yang masih hidup hanya dua orang, sementara yang lainnya sudah meninggal.

“Dengan ini Fakultas Ushuluddin dapat meminimalkan tradisi berfikir dan mengembangkan ilmu yang bisa merespon persoalan umat, intinya ushuluddin mampu memformulasikan ilmu keislaman untuk menjawab tantangan kehidupan,”’ tutup Syamsul Rijal. [005]

 

Sumber: TheGlobe Journal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *