Qurban Menguatkan Karakter Muslim

PENGANTAR | Tak kurang beberapa saat kedepan, Umat Islam akan memasuki bulan Dzulhijjah atau Bulan Haji. Tepatnya pada tanggal sepuluh hingga tiga belas ada ritual ibadah penyembelihan Hewan Qurban. Gema Baiturrahman Online (eri) menyempatkan diri mewawancarai Dr Syamsul Rizal M Ag, Dekan Fakultas Ushuluddin IAIN Ar-raniry, berikut pertikan wawancara.

Apa Makna dari Ibadah Qurban menurut Anda?
Ibadah qurban tidak hanya mempunyai nilai-nilai syiar saja, tetapi juga memiliki peran dalam membentuk karakter seseorang. Ia menerangkan, secara historis ibadah qurban merujuk pada pengalaman spiritual Nabi Ibrahim As bersama anaknya Ismail As. Keikhlasan Nabi Ibrahim diuji dengan perintah Allah agar Nabi menyembelih putera yang paling disayanginya, Ismail As. Ujian ini dilewati dengan baik sampai Allah menggantikan sosok Ismail As dengan seekor qibas. Sampai hari ini, pengalaman spiritual tersebut terus menjadi syiar. Kepada muslim yang mampu, diserukan untuk melaksanakan ibadah qurban ini.

Pemimpin Umum Harian Serambi Indonesia, H Sjamsul Kahar (kanan) menerima satu ekor sapi kurban dari Dekan Fakultas Ushuluddin IAIN Ar-Raniry, Dr Syamsul Rijal M.Ag di Kantor Harian Serambi Indonesia, Desa Meunasah Manyang PA, Ingin Jaya, Aceh Besar, Senin (7/11) pagi. Setelah disembelih, daging kurban itu dibagikan kepada loper Serambi Indonesia. SERAMBI/BUDI FATRIA

Riwayat Qurban di masa Rasulullah Bagaimana?
Keutamaan qurban terdapat dalam hadits dari A’isyah, Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik amal bani adam bagi Allah di hari Idul Adha adalah menyembelih qurban. Di hari kiamat hewan-hewan qurban tersebut menyertai bani adam dengan tanduk-tanduknya, tulang-tulang dan bulunya, darah hewan tersebut diterima oleh Allah sebelum menetes ke bumi dan akan membersihkan mereka yang melakukannya”. Dalam riwayat Anas bin Malik, “Rasulullah menyembelih dua ekor domba putih bertanduk, beliau meletakkan kakinya di dekat leher hewan tersebut lalu membaca basmalah, bertakbir dan menyembelihnya”.

Adakah Harapan dari Ibadah Qurban tersebut?
Orang yang berqurban diimbau untuk melihat langsung proses berlangsungnya penyembelihan hewan qurban agar ada nilai-nilai spiritual yang dapat diambil. Diharapkan pada diri orang tersebut akan muncul keikhlasan karena telah mampu berbagi. Penyembelihan hewan qurban mengandung banyak hikmah. Semangat orang untuk berquran pun bukan pada materinya tetapi pada spiritnya.

Apa Target Utama Ibadah Qurban menurut Anda?
Dari segi sosial, ibadah qurban turut membentuk karakter seseorang. Ketika orang sudah terbiasa dengan kegiatan sosial, dalam dirinya akan tertanam kepedulian terhadap sesama. Manusia yang sulit bergabung dengan aktivitas sosial biasanya dipicu oleh ketiadaan rasa ikhlas. Ibadah qurban berperan dalam memupuk jiwa ikhlas seseorang.

Sumber: http://www.gemabaiturrahman.com/2011/10/qurban-menguatkan-karakter-muslim.html

Posted in: On Media

Leave a Comment