Pramuka UIN Ar-Raniry Harus Inspiratif

Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan dan kerjasama mengharapkan Gerakan Pramuka di Universitas Islama Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh harus menjadi gerakan pramuka yang dapat menginspirasi pramuka lainnya, menjadi contoh yang baik.

Hal itu disampaikan Dr. H. Syamsul Rijal, M.Ag pada pelepasan anggota orientasi dasar pandega (ORDAP) tahun 2014 Gerakan Pramuka Gudep Racana Iskandar Muda A.331 dan Racana Putroe Phang A.332 UIN Ar-Raniry, Rabu (22/10) di halaman Utama Biro Rektor kampus setempat.

Untuk itu kata Syamsul, pramuka UIN Ar-Raniry harus terbuka terhadap masukan-masukan, dan segera untuk memperbaiki bila ditemukan kesalahan-kesalahan, segala sesuatu kekeliruan dan kesalahan harus tercatat dengan baik, ini untuk memudahkan dalam melakukan evaluasi di masa mendatang.

“Ordap itu merupakan sebuah proses yang sangat penting untuk menjadi anggota pramuka, ikuti lah kegiatan ini dengan tekun, rajin, inisiatif dan kreatif sehingga betul-betul menjadi pramuka yang menginspirasi pramuka lainnya,” ujar Sys.

Ditambahkan, proses itu adalah untuk memahami apa yang menjadi bagian terpenting dan mana yang harus dihindari dalam kepramukaan, kalau pun ada kesalahan dan kekeliruan itu merupakan bahagian dari suatu proses dari pada pembelajaran kita.

Lebih lanjut dikatakan, hal kedua yang juga penting, diharapkan kepada anggota yang baru ini, jangan sia-siakan kesempatan ini, dalam pendidikan nanti harus ada spirit baru bagi generasi baru ini, serta bagi kakak-kakak senior harus dapat memberikan interkoneknsi dengan anggota baru nantinya, “bina merekan dengan baik dan tanamkan kecintaan mereka kepada pramuka”.

Dia juga mengajak untuk membaca untuk dipahami kembali mengapa lambang pramuka diberikan simbul tunas kelapa, tunas kelapa ini merupakan simbul memberikan harapan di masa akan datang, dalam konteks ke-UIN-nan, bagi para member baru ini juga harus menjadi harapan UIN di masa mendatang.

Warek III mengingatkan kepada pramuka UIN bahwa Pekan wirakarya Nasional pada tahun 2016 akan dilaksanakan di UIN Sunan Gunung Jati Bandung, kita berharap pramuka UIN Ar-Raniry harus mempersiapkan mental dari sekarang, harus ada latihan, membina moral dan sebagainya.

Ketua Gerakan Pramuka Gudep A.331 Hayata Ramadhan mengatakan, kegiatan Ordap ini dilaksanakan selama lima hari (22-26 Oktober 2014) di Krueng Jeu kawasan Aceh Besar, selama di sana mereka diberikan materi antara lain tentang kepramukaan, profil racana selama 3 hari, materi P3K, materi bivak dimana mereka diajarkan mendirikan tenda darurat, materi untuk bertahan hidup di alam terbuka.

Jumlah peserta sebanyak 19 orang, pada perekrutan mendaftar sebanyak 115 orang, dan yang dinyatakan lulus sebanyak 55 orang, namum dengan berbagai alasan mereka yang dapat mengikuti kegiatan ini hanya 19 orang peserta.

“Alhamdulillah acara pelepasan Ordap 2014 ini berjalan dengan lancer, hadir para Pembina, wakil dekan bidang kemahasiswaan UIN Ar-Raniry serta kakak-kakak senior,” kata Hayata. [Nat]

 

Sumber: UIN Ar Raniry

Posted in: On Media

Leave a Comment