Pramuka Ar-Raniry Siap Berkiprah Ditingkat Nasional

pramukaMahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh yang tergabung dalam Gerakan Pramuka siap berkiprah ditingkat nasional pada Perkemahan Wirakarya Nasional XII PTAI se Indonesia yang digelar 14 hingga 21 Mei 2014 di Bumi Perkemahan IAIN Fatmawati Bengkulu.

Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. Syamsul Rijal, M.Ag, Senin (12/5) mengatakan anggota gerakan pramuda Gudep Iskandar Muda A331 dan Gudep Putroe Phang A332 di bawah UKK Pramuka UIN Ar-Raniry siap berangkat menuju Bengkulu untuk mengikuti serangkaian kegiatan pada Wirakarya nasional di Bengkulu.

“Peserta yang akan mengikuti perkemahan di Bengkulu telah mempersiapkan diri dengan berbagai kegiatan yang akan diperlombakan nantinya, kita berharap kepada anggota pramuka UIN Ar-Raniry agar dapat mempersembahkan dedikasi terbaiknya di even nasional ini dengan bersikap disiplin, jujur dan kerjasama yang baik,” ujar Syamsul.

Warek III menambahkan, semua even yang digelar di sana bersifa perlombaan, ini harus diisi dengan semangat, sportifitas dan silaturrahmi yang kuat, sehingga jika dapat memenangkan kegiatan ini jadilah pemenang yang tawaduk, dan kalaupun kalah dalam even-even ini jadilah peserta yang bersifat lapang dada.

“Pimpinan UIN Ar-Raniry sangat berharap mahasiswa UIN Ar-Raniry manjadi inspirator kebaikan dalam mentransformasikan ilmu-ilmu perkemahan dengan mengedepankan ilmu keislaman, apalagi jika nanti berada dalam masyarakat pada saat bakti masyarakat, tunjukkan ciri khas UIN Aceh,” harap Syamsul Rijal.

Lebih lanjut dikatakan, jumlah peserta yang berangkat sebanyak 16 orang, dan didampingi oleh sejumlah Pembina dan tim monitoring dari unsur pimpinan UIN Ar-Raniry, selama di Perkemahan para peserta dapat berkoodinasi langsung dengan pembinan dan tim yang berangkat.

Sementara Ketua Racana A331 Pramuka UIN Ar-Raniry Hayata Ramadhan menyebutkan, beberapa agenda yang akan digelar disana sudah disiapkan, peserta telah malakukan latihan-latihan untuk dipersembahkan di arena perkemahan nantinya di Bengkulu.

“Di Perkemahan Wirakarya Nasional nanti peserta dari Pramuka UIN Ar-Raniry akan mengikuti bernagai perlombaan yang digelar panitia, diantaranya penampilan tarian tradisional daerah, kita akan mempersembahkan tarian ‘Likok Pulo’, di sana juga akan digelar upacara adat, setiap kontingen akan memakai baju adat Aceh pasangan Linto dan Dara Baro,” kata Hayata.

Ditambahkan, selain persembahan itu juga akan digelar bakti masyakarakat dalam bentuk home stay yang ditempatkan di kampong-kampung bersama masyarakat, selanjutnya ada pertemuan para Ketua Dewan Racana se Indonesia. Selama perkemahan juga ada bazaar kerajinan tangan masing-masing daerah. [Nat]

 

SUmber: UIN ArRaniry

Posted in: On Media

Leave a Comment