Mahasiswa Harus Tanggap Bencana

palang merahBANDA ACEH – Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry, Dr H Syamsul Rijal MAg menyerukan mahasiswanya tanggap bencana sehingga bisa meminimalisir jumlah korban ketika bencana yang tak diharapkan itu menerpa.

“Di samping menekuni dunia ilmu, mahasiswa harus juga membekali diri dengan keterampilan kepribadian yang tangguh sehingga dapat dengan mudah merespons beragam persoalan yang muncul di tengah kehidupan ini. Apalagi ketika merespons bencana yang menerpa tanpa diduga. Ya, mahasiswa UIN harus tanggap bencana,” kata Syamsul dalam arahannya pada latihan SAR darat dan air KSR PMI di Krueng Jreue, Aceh Besar, dua hari lalu.

Komandan KSR PMI UIN Ar-Raniry, Munuzar melaporkan, latihan diikuti 30 orang yang terdiri laki-laki dan perempuan. Peserta pelatihan mendapatkan keterampilan atau teknik menanggulangi musibah dan atau bencana di darat mapun di air yang mengancam keselamatan jiwa manusia.

Sementara itu Drs Fuadi Zulkifly MA selaku pembina menyatakan optimis peserta akan lebih kreatif dan cerdas usai pelatihan ini sehingga akan lebih sigap dan tanggap menghadapi bencana.(*/nas)

Sumber: Serambi Indonesia

Posted in: On Media

Leave a Comment