Intelektual Kampus Harus Berperan Selesaikan Kisruh Politik

BANDA ACEH – Kaum intelektual yang banyak terdapat di kampus harus berperan besar menjembatani setiap kisruh politik dan sosial yang sering terjadi di Nusantara akhir-akhir ini agar masyarakat tidak gamang akibat situasi yang tidak jelas.

Demikian disampaikan Dekan Fakultas Ushuluddin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ar Raniry, Banda Aceh, Dr  Syamsul Rijal, dalam diskusi panel Diplomasi Warga dan Gerakan Nirkekerasan, Mencari Peran Sipil dalam Mencegah Konflik Baru di kampus tersebut, akhir pekan ini.

Dok/Malik Humas IAIN Ar-Raniry

Berbagai kisruh politik dan sosial kini kerap melanda daerah-daerah di Indonesia, tidak terkecuali Aceh yang suhu perpolitikannya naik menjelang pelaksanaan Pemilukada. Situasi yang digiring dengan isu-isu politik yang diterapkan oleh para elite politik kerap membingungkan bahkan meresahkan masyarakat awam.

Kisruh seperti itu dinilai perlu segera diredam agar tidak menimbulkan konflik baru. Menurut Syamsul, apa terjadi di Aceh sekarang pernah terjadi di belahan dunia, namun, mereka menyelesaikan persoalan ini dengan peran kaum intelektual yang proaktif menghindari terjadinya tumpah darah di dalam masyarakat.

“Kaum sipil, terutama kaum intelektual memiliki andil besar dalam menyelesaikan krisruh politik di daerah kita. Untuk itu tugas kita sebagai kaum intelektual dapat memberikan konstribusi agar konflik yang muncul dapat terhindari,” katanya.

Kaum intelektual diminta jangan terjebak ke dalam pola pikir politik yang merugikan masyarakat banyak. “Kaum intelektual harus mengambil bagian untuk menghindari gejala konflik, bukan mengurung diri dan ikut memperkeruh suasana yang dapat membawa preseden buruk terhadap masyarakat sipil,” ujar Syamsul.

Peneliti dari Uppsala University, Swedia, Lian Sakhong menambahkan, peran kaum intelektual untuk menghindari jatuhnya korban di pihak sipil sangat besar, sebab mereka lebih bisa diterima masyarakat melalui pendekatannya.(rhs)

Sumber: http://kampus.okezone.com/read/2011/10/24/373/519371/intelektual-kampus-harus-berperan-selesaikan-kisruh-politik

Posted in: On Media

Leave a Comment