BANDA ACEH – Kelompok intelektual seharusnya lebih berperan dalam menjembatani kisruh politik akhir-akhir ini. Supaya masyarakat tidak gamang akibat situasi yang tidak jelas. Apalagi situasi yang terjadi di Aceh saat ini, persis seperti dibelahan dunia.

sumber: http://norma-peace-stuff.blogspot.com/

“Namun mereka menyelesaikan persoalan tersebut dengan peran kaum intelektual yang proaktif menghindari terjadinya tumpah darah di dalam masyarakat,” kata Dekan Fakultas Ushuluddin IAIN Ar-Raniry, Syamsul Rijal, tadi malam.

Dia menyebutkan, sipil terutama intelektual memiliki andil besar dalam menyelesaikan krisruh politik yang sedang melanda daerah ini. “Untuk itu, tugas kita sebagai kaum intelektual dapat memberikan konstribusi agar konflik yang muncul dapat terhindari,” ujarnya.

Seharusnya, lanjut Syamsul, intelektual saat ini harus mengambil bagian untuk menghindari gejala konflik. Bukan mengurung diri dan ikut memperkeruh suasana yang dapat membawa presiden buruk terhadap masyarakat sipil.

Sementara itu, Lian Sakhong, analis senior dari Uppsala University, menyebutkan Pemilu bukan hal segalanya dalam mengatur tantanan masyarakat. Namun bagaimana menjaga agar tidak jatuh korban masyarakat sipil.

Peran kaum intelektual untuk menghindari jatuhnya korban di pihak sipil sangat besar. “Sebab, kaum intelektual dalam melakukan pendekatan warga untuk menyelesaikan konflik dapat di terima oleh semua kalangan,” katanya.

Lian menambahkan, konflik yang sedang terjadi di daerah ini, tidak jauh beda seperti terjadi di negara Myanmar, dan negara-negara lain yang sedang bergejolak.

Makanya masyarakat sipil harus di selamatkan dalam konflik ini. “Peran sipil dalam menyelesaikan konflik sangat dibutuhkan. Setidaknya, pencerahan yang dilakukan oleh kaum intelektual dapat menghindari jatuhnya korban di pihak sipil,” tegas Lian.

Sumber: http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=221278:intelektual-diminta-hindari-kisruh-politik&catid=13:aceh&Itemid=26

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *