Scroll to Top

Hindari Menjadi Manusia “Bangkrut”

By admin / Published on Tuesday, 15 Jan 2019 01:34 AM / No Comments / 155 views

“Seorang memperoleh kedamaian walaupun dicela disaat mana ia memilih untuk bersabar ketimbang membalas celaan. Bersabar dalam ujian mendatangkan pahala. Sedikit yang memaknai bahwa mencela bisa memindahkan pahala kepada yang dicela.”

Rasulullah SAW bersabda:

“Tahukah kalian siapakah orang yang bangkrut itu?”

Mereka menjawab: “Orang yang bangkrut di kalangan kami adalah orang yang tidak memiliki dirham dan tidak pula memiliki harta/barang.”

Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya orang yang bangkrut dari umatku adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala shalat, puasa, dan zakat. Namun ia juga datang dengan membawa dosa kedzaliman. Ia pernah mencerca si ini, menuduh tanpa bukti terhadap si itu, memakan harta si anu, menumpahkan darah orang ini dan memukul orang itu.

Maka sebagai tebusan atas kedzalimannya tersebut, diberikanlah di antara kebaikannya kepada si ini, si anu dan si itu. Hingga apabila kebaikannya telah habis dibagi-bagikan kepada orang-orang yang didzaliminya sementara belum semua kedzalimannya tertebus, diambillah kejelekan/ kesalahan yang dimiliki oleh orang yang didzaliminya lalu ditimpakan kepadanya, kemudian ia dicampakkan ke dalam neraka.” (HR Muslim no. 6522).

Semoga kita tidak termasuk golongan manusia yang menghadap Allah dalam kondisi “Bangkrut.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *