Dekan Ushuluddin IAIN ArRaniry : Filsafat Mendorong Seseorang Menjadi Dinamis

Kuala Lumpur – Ilmu filsafat tidak saja sebatas penjelasan tanpa makna. Pada dasarnya filsafat mendorong sesorang menjadi maju dan dinamis dalam berkehidupan. Demikian hal itu diutarakan oleh Dekan Ushuluddin IAIN ArRaniry, Dr. Syamsul Rijal, M.Ag dalam presentasi ilmiah di Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), Kuala Lumpur.

malaysia“Falsafah sebagai sistem keilmuan islam dengan kawasan jelajah nalar yang mumpuni bersifat urgen di dalam pemberdayaan umat. Ia hadir sebagai pemberi makna hidup sehingga membuat seseorang menjadi dinamis,” ujarnya yang dituliskan Jum’at (31/5/2013).

Katanya lagi, subtansi filsafat juga dapat dijadikan sebagai kontrol kehidupan dalam pemberian makna terhadap beragam permasalahan kemanusiaan.  Output yang diharapkan, setiap orang tidak akan kehilangan arah hidupnya.

“Sehingga dapat memberikan kepuasan dalam beramal sebagai aplikasi mereka menjalankan keyakinan beragama. Dari sisi ini diperlukan pemaknaan filosofi serta aplikasi syariah yang sejalan dengan tuntunan kehidupan,” katanya.

Hal itu pula yang digarisbawahinya sebagai penegasan aplikasi filsafat sehingga tercipta relevansi antara realitas berpikir serta realitas sosial kehidupan beragama itu sendiri. “Konstruksi dan semangat penalaran tradisi filsafat Islam menjadi bagian integral dari pemaknaan Islam normatif menuju Islam cultural,” pungkasnya.

“Inilah salah satu esensialitas konstruksi keilmuan dalam upaya membentuk masyarakat madani,” tandasnya lagi.

Untuk diketahui, Fakultas Ushuluddin IAIN ArRaniry Banda Aceh sedang melakukan trip internasional ke beberapa daerah dan perguruan tinggi di Negeri Jiran. Salah satu tujuan kunjungan tersebut merupakan UKM Malaysia. Rombongan dari Aceh mendapatkan sambutan yang hangat dari pihak setempat. Berdasarkan penuturan Syamsul, tindaklanjut dari pertemuan ini merupakan adanya kerjasama peningkatan mutu akademik serta kompetensi dosen dan mahasiswa antar kedua perguruan tinggi itu. [005-R]

Sumber: The Globe Journal

Posted in: On Media

Leave a Comment